Globalisasi Budaya Korea

Serba – serbi Globalisasi Budaya Korea

Saat ini Budaya Korea telah menyebar ke tanah air, disebabkan banyaknya film-film Korea yang masuk ke Indonesia dan berhasil menarik minat penontonnya. Akibat dari film-film Korea yang masuk ke Indonesia, maka penggemar Korea mulai meniru dan mengikuti budaya Korea yang ditampilkan dalam film-film Korea. Dari gaya rambut, fashion, makanan, bahkan memasang wallpaper Korea pada dinding rumahnya untuk menambah kesan Korea didalam rumah.

Budaya Korea yang Sering Ditiru Masyarakat Indonesia

Korea memiliki banyak budaya yang sangat unik dan menarik untuk dibahas, keunikan dan keindahan budaya Korea seringkali ditampilkan dalam film-film yang dibuat. Ini adalah cara yang cerdas bagi masyarakat Korea untuk memperkenalkan budayanya padaa masyarakat luas, sehingga tidak gampang dilupakan. Diantara banyaknya budaya Korea yang  bermunculan, ada beberapa yang sering menarik perhatian masyarakat Indonesia, bahkan sampai ditiru, diantaranya

1. Budaya Makan Kimchi

Budaya Makan Kimchi

Kimchi adalah salah satu makanan khas Korea yang berasal dari sayuran kubis yang dimasak dengan campuran bumbu yang biasanya memiliki rasa pedas asam. Hampir semua film Korea menayangkan pemainnya yang sedang makan kimchi, karena kimchi sendiri adalah makanan spesial yang memiliki rasa unik sehingga enak disantap saat-saat tertentu.

Makanan Kimchi ini sudah menyebar di  Indonesia, baik dalam bentuk menu masakan ataupun dalam bentuk masakan masakan jadi dalam kemasan yang bisa dibeli di supermarket. Kimchi sendiri selalu ada dalam setiap lestoran khas Korea yang ada di Indonesia. Bahkan untuk menambah sensasi Korea, beberapa lestoran menggunakan dinding-dinding  yang sudah dilapisi wallpaper Korea.

2. Pakaian Hanbok

 

Pakaian Hanbok

Hanbok adalah pakaian adat Korea yang sering digunakan tidak hanya oleh penduduk desa yang masih tradisional. Penduduk di perkotaan Korea juga sering menggunakan hanbok pada acara-acara tertentu seperti acara pernikahan ataupun pertemuan keluarga besar.

Hanbok sendiri memiliki banyak motif dan warna yang kalem, dari masa kerajaan, dan berkembang terus sampai saat ini. Warna hanbok yang  kalem serta ragam motif yang menarik ini sering digunakan dalam wallpaper dinding Korea yang mulai banyak menarik peminat di pasaran. Bahkan orang Indonesia yang  sangat menyukai budaya Korea, membeli  habok khusus hanya untuk berfoto.

3. Rumah Adat

 

Rumah adat tradisional Korea adalah Hanok yang memiliki keunikan pada bagian atap dan bahan bangunannya.  Atap rumah adat Korea berbentuk melengkung keatas dan biasa disebut cheoma, biasanya terbuat dari jerami atau genting.  Biasanya Hanok dibangun menghadap arah matahari yaitu ke timur atau ke selatan, serta membelakangi  gunung, sesuai dengan prinsip membangun rumah yang ada di Korea.

Rumah adat Korea yang unik ini juga banyak disukai masyarakat, namun tidak dengan cara membangun rumah dengan bentuk yang sama seperti Hanok. Cara lain masyarakat Indonesia yang menyukai Hanok adalah dengan membeli  wallpaper dinding Korea yang bergambar Hanok dengan pemandangan pedesaan khas Korea yang indah.

4. Tulisan

 

Tulisan Korea

Tulisan Korea merupakan salah satu budaya  Korea yang memiliki nilai estetik tinggi, dengan hurufnya yang unik,dan sistematis, yang disebut juga dengan Hangul. Banyak orang Indonesia yang tidak hanya menilai Hangul sebagai tulisan untuk komunikasi, namun menilai Hangul dari sisi kesenian dengan pesona keindahan garis-garis hurufnya yang unik.

Selain 4 budaya tersebut, masih banyak lagi budaya-budaya Korea yang disukai masyarakat Indonesia dan sudah dikenal secara global. Namun masyarakat Indonesia juga harus pandai memilah milah mana budaya yang baik untuk ditiru, dan yang tidak pantas untuk diikuti. Jika budaya Korea memiliki banyak keindahan, maka dari sisi kesenian boleh ditiru untuk kepentingan estetis semata. Misalnya menggunakan wallpaper dinding Korea  di ruangan ataupun di kamar untuk menambah kesejukan mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *