Lab Komputer Di Sekolah

Penataan Lab Komputer Di Sekolah Yang Optimal

Lab komputer sudah menjadi bagian penting di sekolah. Sebagai institusi pendidikan, membekali para pelajar dengan ilmu pengetahuan agar dapat bersaing dengan kemajuan jaman, merupakan sebuah keharusan. Maka dari itu, lab komputer pun sudah tidak asing lagi ditemukan di sekolahan. Bahkan tidak saja pada sekolah lanjutan seperti SMP dan SMA saja. Lebih jauh lagi, sudah banyak Sekolah Dasar yang berbasis teknologi juga menyediakan lab komputer untuk belajar anak.

Tentu saja sebagai ruangan yang diakses oleh banyak orang, bahkan anak-anak, maka penataannya perlu disesuaikan. Mulai dari desain dan tata ruang lab komputer hingga hal-hal yang berkaitan dengan keamanan komponen mekanikal elektrikal yang digunakan dalam lab komputer.

Pencahayaan

Salah satu faktor penting yang harus diperhatikan dalam tata ruang komputer adalah pencahayaan ruangan. Hal ini berkaitan dengan kenyamanan penggunaan ruang komputer serta ketahanan kualitas devices atau peralatan komputer.

  1. Jangan biarkan monitor langsung berhadapan dengan cahaya baik sinar matahari atau lampu. Karena hal itu akan membuat monitor terlihat silau dan tampilannya menjadi tidak maksimal. Mata akan kesulitan menangkap apa yang muncul pada layar monitor.
  2. Jangan biarkan peralatan terkena sinar matahari langsung. Karena akan menyebabkan peralatan menjadi mudah rusak. Apalagi suhu pada peralatan yang meningkat, bisa menimbulkan kerusakan pada bagian luar dan dalam peralatan. Mintalah ahli mekanikal elektrikal untuk memasang peralatan pelindung komponen listrik.
  3. Berikan penutup jendela seperti gorden atau blinds untuk menghalangi sinar matahari yang masuk secara langsung ke dalam ruang lab.
  4. Gunakan kaca dengan lapisan warna lebih gelap untuk jendela. Hal ini dilakukan untuk mengurangi intensitas cahaya matahari langsung yang masuk ke dalam ruangan.

Desain Lab Komputer

Desain Lab Komputer

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menciptakan kenyamanan dalam penggunaan lab bersama-sama.

  1. Gunakan dinding dan plafon yang dapat meredam suara agar kegiatan belajar mengajar dapat berlangsung dengan baik.
  2. Suhu di dalam ruangan lab komputer harus tetap optimal. Gunakan jasa kontraktor HVAC untuk instalasi pendingin ruangan yang baik dan sesuai untuk lab komputer.
  3. Walaupun suhu ruangan sebaiknya dalam kondisi sejuk, namun pergunakan lantai yang tidak menyebabkan dingin seperti marmer dan keramik. Hal ini demi kenyamanan pengguna lab komputer yang bisa memakan waktu beberapa jam. Sebaiknya tambahkan juga karpet, apabila sudah terlanjur menggunakan lantai yang menimbulkan dingin.
  4. Pilihlah perabot yang nyaman di mata. Sebaiknya meja dan kursi dipilih dengan desain minimalis.
  5. Peletakan masing-masing komputer harus diperhatikan dan diberi jarak yang sesuai, agar siswa dapat berlalu lalang tanpa menyenggol barang-barang di sekitarnya.

Syarat Teknis Ruang Lab

Secara keseluruhan, ada syarat-syarat teknis yang harus diperhatikan dalam penataan ruangan lab komputer. Syarat-syarat teknis tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Penempatan berbagai peralatan yang baik, tidak bertumpuk dan tidak sulit dijangkau.
  2. Temperatur ruangan yang optimal, tidak terlalu panas dan juga tidak menyebabkan pengguna kedinginan.
  3. Kelembaban ruangan yang sesuai.
  4. Ruangan yang bebas dari debu, getaran, asap, zat kimia serta gas-gas tertentu. Juga ruangan yang bebas dari pengaruh medan magnet dan medan listrik.
  5. Nilai pencahayaan dalam ruangan yang optimal.
  6. Akustik ruangan juga harus tetap terjaga agar proses belajar berlangsung baik dan nyaman.
  7. Sebagai ruangan dengan peralatan eletronik yang banyak, keamanan instalasi listrik harus sesuai dan memadai. Gunakan jasa instalasi listrik terpercaya yang ahli di bidangnya dan dapat menjamin keamanan operasional lab komputer sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *