Kusen, Bahan Bangunan Pembentuk Model Rumah Hunian Anda

Kusen biasanya digunakan pada bagian tembok Рtembok rumah. Kusen memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat penggunaan kusen yaitu memberikan bentuk pada struktur konstruksi rumah. Kusen pada bangunan rumah biasanya terbuat dari berbagai macam material. Asal kuat dan tahan lama maka material tersebut bisa dimanfaatkan sebagai kusen. Tapi pada umumnya kusen sebuah bangunan terbuat dari kayu. Khususnya di Indonesia, ketersediaan kayu yang melimpah membuat banyak tukang bangunan menggunakan benda yang satu ini.

Pengertian Kusen

Kusen adalah sebuah benda berupa rangka rumah yang digunakan untuk meletakkan daun pintu, jendela, panel kaca, dan sebagainya. Penggunaanya pada bangunan rumah sangatlah penting. Kusen juga bisa dijadikan sebagai media pembuat bentuk rumah. Bentuk yang bervariasi dapat memberikan banyak pilihan. Pilihlah mengenai jenis-jenis dan model seperti yang dikehendaki.

Bahan dasar pembuat kusen kini sangatlah beragam. Sekarang ini tidak hanya kayu yang dapat dimanfaatkan. Kayu bahkan hampir bisa dikatakan mulai ditinggalkan pada beberapa bangunan modern. Penggunaan kayu sangat rawan terhadap perkembangan rayap, selain itu penggunan kayu pada bangunan juga dianggap merugikan banyak elemen kehidupan.

Ketersediaan kayu yang mulai menipis membuat bumi semakin panas. Perilaku yang harus dilakukan tentu mengurangi penggunaan kayu pada berbagai kegiatan. Sehingga alam masih memiliki keseimbangan dan aman untuk ditempati. Kusen sekarang ini terbuat dari beberapa bahan alternative seperti UPVC, Plastik, serta alumunium. Benda-benda ini dianggap lebih awet dan ramah lingkungan.

Beberapa bahan sudah sangat akrab ditelinga masyarakat indonesai. Tetapi tidak dengan UPVC. Oleh karena itu tidak ada salahnya kalau kita coba bahas mengenai UPVC. Material pembuat kusen yang sering digunakan dibeberapa negara besar di dunia. Kusen UPVC juga sudah mulai digunakan oleh beberapa bangunan di Indonesia.

Pengertian UPVC

UPVC (Unplasticized Poly Vinyl Chloride) merupakan material yang terbuat dari plastik atau dikenal sebagai turunan dari plastic. Benda ini dibuat melalui proses unplastized sehingga memiliki tekstur keras dan sangat kuat. UPVC mengalami proses sedemikian rupa sehingga menghilangkan sifat plastic yang mudah terbakar dan lentur. Berubah menjadi benda yang sangat kuat dan awet.

Kusen UPVC adalah bahan konstruksi yang terbuat dari turunan plastic dan biasa digunakan sebagai tempat peletakkan daun pintu dan yang lainnya. Penggunaannya mulai menyeluruh ke berbagai daerah. keunggulan dan kelebihan yang ditawarkan mampu mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap kayu. Hal ini sangat positif terhadap ketersediaan kayu dihutan.

Kusen UPVC murah memiliki beberapa keunggulan. Kusen ramah lingkungan dan aman untuk digunakan dalam jumlah banyak. Karena tidak menimbulkan kerusakan alam secara nyata. Berbeda dengan penggunaan kayu yang berdampak besar pada alam sekitar. Kusen jenis ini juga awet karena tidak mungkin dimakan rayap.

Baca ini juga: Cat Tembok Terbaik yang Cocok Untuk Kamar Mandi

Rayap tidak akan mampu menggerogoti kusen sehingga rumah akan tetap berdiri kuat sampai berpuluh-puluh tahun. Material ini memang sangat direkomendasikan pada bangunan modern. Selain digunakan sebagai kusen ternyata UPVC juga biasa digunakan untuk kebutuhan pintu serta jendela rumah.

Kusen menjadi bagian penting pada konstruksi rumah. Oleh karena itu perlu perhatian lebih ketika memilih bahan dasar kusen rumah. Selain mempertimbangkan keuntungan pribadi, keuntungan massal juga tidak bisa diabaikan. Selain aman digunakan sendiri, kusen juga sebaiknya memberikan manfaat bagi lingkungan. Sehingga tercipta keseimbangan pada alam sekitar. Benda ramah lingkungan adalah pilihan bijak dalam berbagai kegiatan termasuk pemilihan kusen rumah. Demikian ulasan mengenai pengertian kusen dan beberapa jenis kusen yang dapat digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *